Sunday 28 July 2013

Filled Under:

Cara Konversi Kaset ke MP3

Era walkman habis sudah. Sekarang zamannya mp3 player atau CD player. Beberapa kelebihan dari mp3 ini membuat kaset sepertinya sudah terlupakan. Pada era walkman dulu, orang-orang perlu membawa kaset yang banyak dan tentunya berukuran besar dan merepotkan, karena kapasitas satu kaset biasanya hanya dapat menampung 20 lagu. Kaset juga tidak menyediakan fitur-fitur menarik yang ada di mp3 seperti playlist, shufle, repeat, dll. Sekarang, dengan hanya membawa micro sd yang berukuran  seperti ujung jari kelingking dapat menyimpan ratusan hingga ribuan lagu. Banyak player yang sudah mendukung mp3, seperti dvd player, komputer, cd player, radio, mp3 player, bahkan handphone pun dapat memutar mp3.

Bagi pecinta lagu-lagu lawas, tentu lagu-lagunya pasti tersimpan di kaset. Cukup sulit untuk mencari format mp3 nya walaupun sebagian kecil ada.

Setelah anda membaca artikel ini, anda tidak perlu pusing-pusing mencari mp3 dari lagu kesayangan anda. Anda dapat melakukan sendiri untuk mengubah kaset menjadi mp3.

Bagaimana langkah-langkahnya? Cekidot.

Sebelum mengonversi, siapkan bahan-bahannya sebagai berikut:
  1. Komputer/Laptop dengan port audio line in (bulat kecil berwarna biru muda, dekat port audio) dan kualitas soundcard yang baik.
  2.  3,5mm jack (dapat diambil dari kabel penghubung antara komputer dengan speaker)
  3. Walkman atau pemutar kaset lainnya yang ada port 3,5mm jack (port untuk headset)
  4. Kaset yang ingin dikonversi.
Langkah-langkah:
  1. Download software Audacity disini atau disini dan lame_enc.dll disini
  2. Install audacity dan ekstrak hasil download lame_enc.dll, copy file lame_enc.dll ke folder C:\Windows
  3. Posisikan kaset ke lagu yang ingin anda konversi.
  4. Colokan 3,5mm jack ke walkman dan port line in pada komputer atau laptop.
  5. Software soundcard mendeteksi perangkat anda, pilih Line In.
  6. Klik tombol volume pada taskbar, klik mixer, klik tombol system sound, klik tab recording, double klik line in, klik tab listen, centang pada listen to this device. Ini bermanfaat agar anda dapat mendengarkan lagu dari walkman di komputer.
  7. Buka audacity, atur volume paling tinggi di walkman. Untuk mendapatkan volume dan kualitas suara yang pas, klik tombol rekam dan mainkan lagu. Jika grafik terlalu tinggi, kecilkan volume hingga didapat volume yang cukup. Perhatikan contoh
  8. Mundurkan kembali lagu hingga ke posisi semula. Klik File>New.  Klik tombol  rekam pada audacity, lalu mainkan lagu di walkman. Putar lagu hingga habis dan biarkan komputer merekamnya.
  9. Jika lagu sudah selesai, stop lagu di walkman dan klik tombol stop pada komputer.
  10. Potong awal lagu apabila lagu tidak pas dengan memblok bagian yang ingin dihapus dan tekan tombol delete di keyboard
  11. Simpan lagu dengan klik File>Export>Ganti Save As Type menjadi File MP3>Klik Opsi dan sesuaikan setingnya seperti berikut:
    Bit Rate Mode: Constant
    Quality: 128 Kbps
  12. Beri nama dan klik save. Apabila anda diminta file Lame_enc.dll, klik browse, buka folder Windows, pilih lame_enc.dll lalu klik OK
  13. Lagu berhasil di konversi!

    Selamat mencoba :)
Artikel ini ditulis oleh Gilang ramadhan.


0 komentar:

Post a Comment

Saya tunggu Coment anda yang bersifat membangun blog ini.

Thanks...