Wednesday 21 January 2015

Filled Under:

Jalur Masuk UGM 2015 - Universitas Gadjah Mada

Jalur Masuk UGM 2015 - Universitas Gadjah Mada atau biasa dikenal sebagai UGM, merupakan universitas terkemuka di daerah Yogyakarta. UGM menjadi sangat strategis karena terletak di kota pelajar Jogja. Setiap tahun UGM menerima kurang lebih 10 ribu mahasiswa baru dari seluruh Indonesia maupun Luar Negeri. Nah, kita akan membahas apa saja seleksi yang dilaksanakan UGM, berikut :
Jalur Masuk UGM 2015 - Universitas Gadjah Mada
Jalur Masuk UGM 2015 - Universitas Gadjah Mada
1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)

SNMPTN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya selama di SMA/SMK/MA/MAK yang relevan dengan program studi yang dipilih. Biaya seleksi ditanggung pemerintah, sehingga siswa pelamar tidak dikenai biaya seleksi.

Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya adalah SMA/SMK/MA/MAK yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan yang mengisikan data prestasi siswa di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDSS, mempunyai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Ujian Nasional (NUN) serta mendaftarkan diri sebagai peserta SNMPTN. Dengan mengikuti SNMPTN biasanya siswa dapat memilih maksimal 4 program studi pada 2 Universitas yang berbeda.
Informasi lebih lanjut mengenai SNMPTN dapat diakses http://www.snmptn.ac.id/

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri )

SBMPTN merupakan pola penerimaan berdasarkan hasil ujian tertulis yang dilaksanakan secara nasional. Biasanya materi ujian terbagi menjadi 3 kelompok yakni SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN. Dari persaingan SBMPTN ini siswa dapat memilih maksimal 3 program studi yang dikehendakinya dan bebas memilih tempat untuk mengikuti tes di PTN daerah manapun. Informasi lebih lanjut mengenai SBMPTN dapat diakses http://www.sbmptn.or.id/.

3. Seleksi Ujian Tulis UGM (UTUL)

Seleksi Ujian Tulis UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola ujian tertulis yang diselenggarakan oleh UGM. Pola ini bertujuan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2013, 2014 dan 2015 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 3 (tiga) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Diploma (khusus UTUL Gelombang 1 Sekolah Vokasi). Untuk info lebih lanjut dapat diakses pada http://www.um.ugm.ac.id

4. Seleksi Penelusuran Bibit Unggul (PBU-SARJANA)
Seleksi Penelusuran Bibit Unggul UGM merupakan seleksi masuk UGM dengan menggunakan pola seleksi berdasarkan pada prestasi di bidang akademik dan non akademik. Pola ini bertujuan memberi kesempatan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK tahun 2014 untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana. Adapun Seleksi Penelusuran Bibit Unggul yang diselenggarakan oleh UGM adalah sebagai berikut:

a. PENELUSURAN BIBIT UNGGUL TIDAK MAMPU (PBUTM - SARJANA)
Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM) merupakan bentuk kepedulian terhadap siswa dengan kemampuan akademik tinggi tetapi tidak mampu secara ekonomi (pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar-besarnya Rp. 750.000,- setiap bulannya). Peserta dibebaskan dari biaya pendidikan selama 8 semester yang ditanggung oleh UGM, jika memenuhi prestasi yang ditetapkan dan dievaluasi setiap tahun.

b. PENELUSURAN BIBIT UNGGUL KEMITRAAN (PBUK - SARJANA)
Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK) diperuntukkan bagi putra-putri daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam pembangunan daerah dan diusulkan serta dibiayai oleh Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan. Jalur seleksi ini merupakan bentuk kepedulian UGM terhadap pembangunan daerah melalui program kemitraan antara Pemda, institusi pemerintah dan/atau perusahaan yang ditunjukkan dengan adanya naskah perjanjian kerjasama dengan mitra yang masih berlaku.

c. PENELUSURAN BIBIT UNGGUL BERPRESTASI (PBUB - SARJANA)
Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB) diperuntukkan bagi siswa dengan kemampuan akademik disertai prestasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (pemenang olimpiade di bidang ilmu pengetahuan tingkat Nasional atau finalis tingkat Internasional) sesuai program studi yang dipilih, ditunjukkan dengan sertifikat kejuaraan.

d. PENELUSURAN BAKAT OLAHRAGA DAN SENI (PBOS - SARJANA)
Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS) diperuntukkan bagi siswa pemenang lomba di bidang olahraga atau seni di tingkat provinsi, nasional atau finalis tingkat internasional.

5. Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)

Seleksi Program Internasional merupakan pola seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk siswa dan lulusan SMA/SMK/MA/MAK/A-Level/Pra-Universitas yang ingin melanjutkan pendidikan pada Program Internasional di UGM. 

Demikian seleksi yang dilakukan Universitas Gadjah Mada untuk penerimaan mahasiswa baru. Semoga bermanfaat dan selamat berjuang untuk menggapai impian kalian di PTN yang kalian diinginkan.

Artikel ini ditulis oleh Gilang ramadhan.


0 komentar:

Post a Comment

Saya tunggu Coment anda yang bersifat membangun blog ini.

Thanks...