Wednesday 21 January 2015

Filled Under:

Jalur Masuk UI 2015 (Universitas Indonesia)

Jalur Masuk UI 2015 - Penerimaan mahasiswa baru Universitas Indonesia Tahun Akademik 2015/2016 untuk lulusan SMA Sederajat dibuka melalui jalur undangan dan jalur tulis. Bagi calon mahasiswa baru yang ingin sekali masuk Universitas Indonesia (UI) 2015 diberikan kesempatan masuk melalui berbagai jalur. Sedangkan Program pendidikan UI 2015 ada S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi, dll.

Jalur Masuk UI 2015
Jalur Masuk UI 2015

Dari mulai Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI. Berikut uraian singkat mengenai masing-masing Jalur masuk UI 2015 berikut :

A. JALUR UNDANGAN/SELEKSI RAPORT

1.  SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
SNMPTN merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik. Seleksi tidak berupa ujian tulis, melainkan berupa seleksi nilai raport. Program pendidikan yang dibuka untuk jalur ini adalah S1 Reguler. Siswa yang dapat diajukan untuk mengikuti program ini adalah peserta UN 2015. Informasi SNMPTN dapat diperoleh di laman resmi http://snmptn.ac.id

2. PPKB 
PPKB merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik untuk program pendidikan S1 Paralel dan Vokasi. Hanya sekolah yang mendapatkan undangan dari UI yang dapat merekomendasikan siswanya mendaftar di program ini. Siswa yang dapat direkomendasikan mengikuti program ini adalah siswa yang akan lulus 2015. 

3. Talentscouting
Talentscouting merupakan jalur masuk berdasarkan nilai raport/prestasi akademik untuk program pendidikan S1 Kelas Internasional. Hanya sekolah yang mendapatkan undangan dari UI yang dapat merekomendasikan siswanya mendaftar di program ini. Siswa yang dapat direkomendasikan mengikuti program ini adalah siswa yang akan lulus 2015.

B. JALUR UJIAN TULIS

1. SBMPTN ( Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).
Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri diselenggarakan sebagai pengganti SNMPTN tulis. Program pendidikan yang ditawarkan dalam seleksi ini adalah S1 Reguler. Peserta yang dapat mendaftar program ini adalah lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Tahun Akademik 2015, 2014, 2013. Informasi pendaftaran SBMPTN dapat dilihat di http://pendaftaran.sbmptn.or.id/.

2. SIMAK UI
SIMAK UI adalah seleksi terpadu UI untuk berbagai jenjang dan program pendidikan yang ada di UI. Dalam 1x ujian, peserta dapat mendaftar di S1, Reguler, S1 Paralel dan Vokasi sekaligus. Sedangkan siswa yang memilih S1 Kelas Internasional, mengikuti ujian dalam waktu yang berbeda. Peserta lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat Tahun Akademik 2015, 2014, 2013 dapat mendaftar di S1 Reguler, S1 Paralel, Vokasi maupun S1 Kelas Internasional. Bagi peserta yang lulus SMA/SMK/MA/Sederajat sebelum Tahun Akademik 2012 (yakni 2011, 2010, 2009 dst.) berkesempatan mendaftar di S1 Paralel, Vokasi dan S1 Kelas Internasional. Pendaftaran online di http://penerimaan.ui.ac.id.

Demikian Jalur Penerimaan UI 2015 yang akan datang dan semoga bermanfaat untuk anda. Persiapkanlah sekarang juga untuk menjadi bagian dari Yellow Jacket. Baca juga Passing Grade Universitas Indonesia 2015. Sekian terima kasih :)

Artikel ini ditulis oleh Gilang ramadhan.


0 komentar:

Post a Comment

Saya tunggu Coment anda yang bersifat membangun blog ini.

Thanks...